Sponsor

Info Desa

Tutorial Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa

Bursa Inovasi Desa dan Program Inovasi Desa

Bursa Inovasi Desa adalah tahap dari tahapan Program Inovasi Desa. Bursa ini memperkenalkan kegiatan-kegiatan terkait pembangaunan desa yg sudah dinilai inovatif. Selain itu, Bursa Inovasi Desa juga ditujukan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yg sesuai oleh Pemerintah Desa mencari inovasi yg belum terdokumentasi dan membagi info penyedia jasa layanan teknis yg  diperlukan desa dalam mereplikasi suatu inovasi.

Langkah-langkah menjalankan Bursa Inovas Desa:

Konsultasi agenda pelaksanaan Bursa Inovasi;
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) melakukan konsultasi awal mengenai agenda pelaksanaan Bursa Inovasi Desa. Dalam pertemuan ini Kepala Dinas memberikan izin pelaksanaan dan memberi tau arahan terkait tanggal, tempat pelaksanaan, undangan dan pelibatan organisasi perangkat tempat lainnya. Kepala Dinas juga memberi manda terhadap kepada bidang untuk melaksanakan dan mengawal Bursa Inovasi Desa. Staff Dispermades menindaklanjuti dengan membikin draft undangan untuk pertemuan awal dengan organisasi perangkat daerah.

Menyiapkan tempat untuk pelaksanaan Bursa Inovasi
Staff Dispermades bertangungjawab terhadap penyediaan tempat penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa. Mereka mampu melakukan pinjam pakai gedung serba guna milik pemerintah kabupaten alias menyediakan tempat lainnya yg layak

Kick Off Meeting Dinas Permades dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)
Kick off meeting ini dipimpi oleh Kepala Dinas Permades untuk membahas maksud dan tujuan undangan, sekilas acara Bursa Inovasi Desa, Bursa Inovasi Desa, dan pembentukan Tim Inovasi Kabupaten dan Kepanitiaan Bursa Inovasi Desa.

Penyiapan SK Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten dan Panitia Penyelenggara Bursa Inovasi.
Tim Inovasi Kabupaten menjadi tahap kepanitiaan Bursa Inovasi Desa. Tim Inovasi Kabupaten dikoordinatori oleh Dinas Permades dengan keanggotaan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah.  SK tersebut ditandatangai oleh Kepala Dinas Permades untuk disampaikan terhadap Bupati/Wali Kota.

Pembekalan Tim Inovasi Kabupaten dan Panitia Bursa Inovasi Desa
Pembekalan ini berfungsi untuk membahas terkait Program Inovasi Desa dan Bursa Inovasi Desa dan relasi antara keduanya. Pembekalan diberikan oleh Tenaga Ahli P3MD yg sudah memperoleh Pelatihan Program Inovasi Desa bersama staff Dinas Permades.

Rapat Tim Inovasi Kabupaten untuk Mensortir Inovasi
Rapat ini berfungsi untuk memilah dan memilih daftar Inovasi Desa yg tepat dan mampu diaplikasikan di Kabupaten dari dokumen pembelajaran yg tersedia. Organisasi Perangkat Daerah terkait memberikan tanggapan atas inovasi yg berkaitan dengan sektornya dan memilahnya.

Rapat Bursa Inovasi Desa
Rapat ini untuk persiapan pelaksanaan dan pemecahan tugas panitia sesuai alur Bursa di Setiap Jendela. Serta tugas dan peran Tim Inovasi Kabupaten sebagai penjaga konsultasi di Bursa A alias di Bursa B.

Survey Lokasi Bursa Inovasi
Survey ini untuk menonton pemecahan dan penataan ruangan, letak jendela 1, 2, dan 3, mobilisasi peserta, peletakan banner.

Penyiapan Materi dan Konfirmasi Undangan
Panitia Bursa Inovasi melakukan serangkaian koordinasi dalam penyusunan acara, alur pelaksanaan Bursa Inovasi, materi pendukung lain semacam dokumen pembelajaran, poster, spanduk, dan konfirmasi keberadaan peserta. Pengecekan juga dilakukan terhadap kelengkapan bahan-bahan Bursa Inovasi Desa antara lain Kartu Komitmen, Karti ID, stempel dan undangan untuk Gladi Bersih

Dekorasi dan Gladi Bersih Bursa Inovasi
P H-1 pelaksanaan Bursa Inovasipanitia melakukan persiapan akhir Bursa Inovasi meliputi pengecekan akhir perlengkapan dan peralatan Bursa dan penempatan penempatannya sesuai jendela. Tim Inovas berseta Panitia juga melakukan Gladi Bersih pelaksanaan Bursa dan mendapat arahan dari Kepala Dinas Permades. Dalam Gladi Bersih ini dilakukan simulasi pelaksanaan Bursa Inovasi khususnya terkait penggunaan waktu dan pemecahan tugas dan peran.

Dalam pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, berikut urutannya:

Panitia melakukan pengecekan akhir
Peserta melakukan registrasi, mendapatkan Bursa Kit, dan memasuki jendela 1 alias Ruang Pleno
Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
Laporan Penyelenggara Bursa Inovasi
Penjelasan mengenai Program Inovasi, Bursa Inovasi dan Mekanisme Bursa Inovasi
Sambutan kepala Dinas Permades
Pembukaan
Pembacaan Doa
Peserta memasuki Bursa A dan Bursa B
Penanggungjawab Bursa A dan Bursa B membahas inovasi yg ditawarkan dan meja konsultasi
Peserta menonton dan mendalami inovasi
Peserta berkonsultasi di meja konsultasi
Konsultan memberikan stempel pada Kartu Komitmen
Peserta melakukan konsultasi pematangan komitmen
Peserta memberikan rating pada Inovasi
Peserta menuju jendela 3, dengan rincian sebagai berikut:

Peserta Kepala Desa menyerahkan Kartu Komitmen dan Kartu Ide, Peserta tidak hanya Kepala Desa menyerahkan Kartu Ide
Petugas mendapatkan Kartu Komitmen dari Kepala Desa dan menuliskan Komitmen pada sertifikat
Petugas menyerahkan Sertifikat dan gambar terhadap Kepala Desa
Peserta meninggalkan Bursa Inovasi Desa
Info lengkap lihat www.kemendesa.go.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tutorial Penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa"

Post a Comment