Sponsor

Info Desa

Gemerlap Mlam Di Cidewa



Desa yang merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal usul, adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam system Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pemerintahan Desa adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh Pemerintah Desa dan BPD dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal usul dan adat-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama bahwa keberhasilan pembangunan di desa sangat dipengaruhi oleh pemberdayaaan aparatur Pemerintahan Desa serta tidak terlepas dari potensi yang ada di desa. Pembangunan merupakan suatu usaha atau proses yang dilaksanakan secara terus menerus untuk mencapai perubahan kearah yang lebih baik dan bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara merata baik materiil maupun spiritual berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dalam upaya mencapai keberhasilan Pembangunan di Dusun Cidewa, Pemerintah Dusun tetap mengacu pada Rencana Strategis Kabupaten Ciamis. Sedangkan potensi desa yang ada telah disusun dalam bentuk Profil Pembangunan Desa yang sekaligus merupakan gambaran umum yang menyangkut situasi dan kondisi serta potensi yang ada di wilayah desa termasuk swadaya gotong-royong masyarakat selama 2 ( dua ) tahun yaitu tahun 2006 sampai dengan tahun 2007 Disamping itu penyusunan Profil Pembangunan Desa ini akan sangat memudahkan bagi Pemerintah Dusun Cidewa untuk menyusun rencana pembangunan baik jangka pendek, menengah maupun jangka panjang dan senantiasa selalu bekerja sama dengan pihak-pihak terkait lainnya.

Dusun Cidewa yang merupakan bagian dari wilayah Kecamatan  Cijeungjing telah memiliki arah pembangunan yang jelas dan tetap mengedepankan bidang pertanian secara luas, ekonomi produktif serta dikembangkannya industri-industri rumah tangga. Mengenai mekanisme pelaksanaan pembangunan di Dusun Cidewa dilaksanakan sebagai berikut :
  • Mengadakan konsolidasi dan memfungsikan lembaga desa yang ada.
  • Rencana pembangunan disusun menjadi rencana pembangunan jangka pendek, menengah dan jangka panjang.
  • Menumbuhkembangkan swadaya masyarakat melalui LPM.
  • Fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dimanfaatkan sesuai dengan petunjuk yang ada dan dapat dilaksanakan dengan baik.
  • Memberikan pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa kepada BPD. 

Itulah latar belakang dan semangat api Dusun Cidewa untuk menjadi DESA

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gemerlap Mlam Di Cidewa"

Post a Comment