Sponsor

Info Desa

Ternyata Inilah Peruntukan Dana Desa Yang Sesungguhnya


Dana desa yg telah disalurkan pemerintah semenjak tiga tahun terbaru diklaim berdampak pada kemajuan desa-desa di Indonesia. Kementerian Keuangan menonton penyaluran dana desa menghasilkan ribuan kilo meter jalan serta sanggup mengurangi kemiskinan lebih banyak. 

Pemerintah Klaim Dana Desa Bangun Ribuan Kilometer Jalan
Sumber Sindo
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan Boediarso Teguh Widodo mengatakan, berdasarkan catatan Kemenkeu serta Kementerian Desa, penyaluran dana desa telah menghasilkan 14.903 kilo meter jalan, embung, drainase, bangunan MCK, air bersih, serta tetap tidak sedikit lagi. 

"Dana desa ini jika dibilang lumayan efektif, sebesar Rp30 triliun untuk pembangunan serta Rp10 triliun untuk sumber daya manusia," ucap Boediarso di Jakarta.
Menurutnya, penyaluran dana desa oleh pemerintah juga sanggup menurunkan gini perbandingan di desa hingga 0,23%, berkontribusi pertumbuhan ekonomi nasional 0,41%, serta menurunkan kemiskinan sebesar 0,31%.

"Namun, ada juga berbagai tempat yg tetap tidak sedikit dananya menganggur serta hingga kini ada Rp109,3 miliar dana desa yg hangus untuk 546 desa," jelasnya.

Saat ini, dari catatan Kemenkeu, dana desa dalam RAPBN 2017 sebesar Rp60 triliun, meningkat tiga kali lipat dari tahun biaya 2015 serta mengalami kenaikan 28% dari dana desa 2016 senilai Rp49,96 triliun.

Jadi jangan hingga desa kita tetap memiliki jalan yg jelek yah, sebab jalan merupakan salah satu sudut yg mendukung kemajuan suatu Desa

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ternyata Inilah Peruntukan Dana Desa Yang Sesungguhnya"

Post a Comment